Artisnews, Jakarta. Rumah Adat Todo adalah rumah adat berbentuk bundar beratap jerami yang merupakan Istana Raja Todo tempo dulu. Rumah adat ini adalah pusat peradaban dan menjadi rumah adat tertua di Manggarai. Rumah Todo ini hampir sama seperti rumah adat Manggarai pada umumnya, beratapkan ijuk, berbentuk kerucut dengan rangka kayu dan bambu yang disebut Niang Todo. Jika kerucut dibuka maka kerangkanya akan menggambarkan sebuah jaring laba-laba. Mirip seperti Sawah Jaring Laba-laba atau Spider Rice Field yang terdapat di Desa Cancar, Kecamatan Ruteng, Manggarai.(3/5/19)

AYOO!... Jalan-jalan ke Pulau Komodo!...

Pintu rumah adat ini hanya setinggi bahu orang dewasa, jika akan masuk rumah, seseorang harus menundukkan kepalanya. Menurut keyakinan masyarakat setempat, hal ini sebagai bentuk penghormatan kepada pemilik rumah atau tetua adat mereka. Hal yang membedakan Rumah Adat Todo dengan rumah adat Manggarai lainnya adalah terdapat tambur atau gendang kecil yang disebut Niang Wowang dan Meriam kuno. Menurut cerita masyarakat setempat, Niang Wowang terbuat dari kulit perut seorang gadis bernama Loke Nggerang. Konon, pada masa Kerajaan Todo ada seorang perempuan yang sangat cantik yang diperebutkan dua orang pangeran hingga terjadi perpecahan diantara keduanya. Untuk menyelesaikan sengketa itu, maka dikorbankan perempuan itu dan kulit perutnya dibuat gendang. Di atap pintu masuk Rumah Adat Todo juga terdapat ukiran kayu yang menggambarkan reproduksi wanita atau rahim. Ukiran ini juga yang membedakan rumah Adat ini dengan rumah adat Manggarai lainnya.

Rumah Adat Todo dapat dijumpai di Kampung Adat Todo, Desa Todo, Kecamatan Satarmese Utara, Kabupaten Manggarai, Flores, Nusa Tenggara Timur. Konon, Desa Todo merupakan pusat Kerajaan Manggarai saat itu. Di sisi lain, Kampung Adat Todo ini menyimpan sejarah dan kearifan lokal masyarakat Flores. Selain itu, keindahan dan keunikan Rumah Adat Todo menjadi daya tarik wisatawan lokal dan mancanegara sebagai destinasi wisata budaya dan wisata sejarah. (Ferry)

AYOO!... Jalan-jalan ke Pulau Komodo!...

Last modified on Saturday, 04 May 2019

Subscribe

Tentang Kami

ArtisNews.Com adalah portal berita seputar Artis dan Selebritis Indonesia. Kami mengutamakan keakuratan data dan fakta berita. Kami berdedikasi memberikan yang terbaik tentang kekayaan seni dan potensi Indonesia, serta menjunjung tinggi profesionalitas.

Kontak Info

ArtisNews adalah mitra yang tepat untuk bertumbuh dan berkembang bersama. Hubungi kami untuk menjadi besar dan populer bersama www.artisnews.com

  • Address : Business Center Thamrin City Lt.7, Unit 728, Jln. Kebon Kacang Raya, KB Melati, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

  • Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

  • Phone : +6281291111137 , +62811922368

Sosial Media