Artisnews, Jakarta. Pulau Flores tidak hanya dikenal dengan keindahan alamnya sebagai destinasi wisata alam dan wisata budaya, wisata religi yang terdapat di pulau ini sangat terasa sayang untuk dilewatkan. Adalah Semana Santa, tradisi keagamaan yang sudah diwariskan sejak 500 tahun silam masih berlangsung sampai saat ini. Setiap tahun, satu minggu menjelang perayaan Paskah, umat Katolik di Larantuka melaksanakan tradisi ini. Tidak jarang pula para peziarah dari berbagai kota di Indonesia bahkan hingga mancanegara untuk datang menyaksikan sekaligus mengikuti prosesi ini. Prosesi Semana Santa manjadi magnet wisatawan mancanegara dari Eropa, Australia, dan Asia. Penyelenggaraan tradisi ini menjadi ikon wisata religi Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur.(4/5/19)

AYOO!... Jalan-jalan ke Pulau Komodo!...

Semana Santa adalah tradisi yang diwariskan oleh bangsa Portugis. Ritual keagamaan yang terakulturasi dengan budaya setempat akhirnya menjadi tradisi yang terus menerus dilaksanakan oleh masyarakat Larantuka selama kurang lebih lima abad ini. Riwayat munculnya tradisi Semana Santa pertama kali dilakukan saat ditemukannya patung Tuan Ma atau Bunda Maria. Patung itu ditemukan di pantai Larantuka pada 1510. Diperkirakan patung Tuan Ma terdampar saat kapal Portugis karam di perairan itu. Dalam ritual ini, patung Tuan Ma dikeluarkan dan dimandikan oleh suku yang ada di Larantuka. Biasanya masyarakat setempat mengambil air mandi patung Tuan Ma untuk dibawa pulang. Masyarakat meyakini air mandi Bunda Maria dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Semana Santa berasal dari kata semana yang berarti pekan dan santa berarti suci. Secara harfiah, masyarakat Larantuka menyebut sebagai Pekan Suci. Satu pekan menjelang paskah, masyarakat diadakan beberapa ritus keagamaan yang dimulai dari Rabu Abu, Kamis Putih, Jumat Agung, Sabtu Suci hingga perayaan Paskah. Setiap perayaan Semana Santa, ribuan orang berkumpul di Kota Larantuka yang dikenal dengan nama Kota Reinha Rosari, dalam bahasa Portugis berarti kota ratu, kota Maria atau kota suci. Kota Larantuka memiliki pengaruh dari Portugis yang kuat sekaligus kental, serta merupakan salah satu tempat berkembangnya agama Katolik di Indonesia. (Ferry)

AYOO!... Jalan-jalan ke Pulau Komodo!...

Subscribe

Tentang Kami

ArtisNews.Com adalah portal berita seputar Artis dan Selebritis Indonesia. Kami mengutamakan keakuratan data dan fakta berita. Kami berdedikasi memberikan yang terbaik tentang kekayaan seni dan potensi Indonesia, serta menjunjung tinggi profesionalitas.

Kontak Info

ArtisNews adalah mitra yang tepat untuk bertumbuh dan berkembang bersama. Hubungi kami untuk menjadi besar dan populer bersama www.artisnews.com

  • Address : Business Center Thamrin City Lt.7, Unit 728, Jln. Kebon Kacang Raya, KB Melati, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

  • Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

  • Phone : +6281291111137 , +62811922368

Sosial Media