Artisnews, Jakarta. Bebegig Sukamantri adalah kesenian yang berasal dari Kabupaten Ciamis yang memiliki hubungan dan sejarah dengan daerah Sukamantri. Nama Bebegig merupakan representasi penjaga lingkungan alam sekitar, maka dari itu dijuluki Bebegig Sumantri. Konon, yang mulai merintis kesenian Bebegig ini berawal dari Kerajaan Sunda yang hendak menikahkan Putri Dyah Pitaloka dengan Raja Hayam Wuruk di Lapangan Bubat. Namun, disaat menunggu kedatangan rombongan Kerajaan Majapahit, rombongan Kerajaan Sunda diserang prajurit bertopeng yang keluar dari hutan dan terjadilah Perang Bubat.(12/3/19)

AYOO!... Jalan-jalan ke Pulau Komodo!...

Saat ini kesenian Bebegig masih ada dan bertahan di Desa Campaka, Kecamatan Sukamantri, Kabupaten Ciamis. Sebelum Bebegig dibuat, para pemain berdoa terlebih dahulu sebelum berangkat ke Gungung Karang Gantungan untuk mengambil bahan-bahan yang dibutuhkan, yaitu ijuk, bubuay, daun waregu. Proses diawali dengan pembuatan topeng kemudian dirangkai dan dibentuk menggunakan bahan-bahan yang diambil dari Gunung Karang Gantungan tadi. Selanjutnya, setelah terbentuk topeng dengan segala asesorisnya termasuk Kolotok kemudian digantungkan ke badan peserta. Berat badan Bebegig itu mencapai sekitar 20 kg atau lebih yang siap digunakan oleh pemain.

Secara filosofis, daun Waregu Pancawarna bukan berarti setiap helai daunnya warna-warni, melainkan hanya simbol kebaikan atau kebahagiaan. Sedangkan bunga yang keluar dari pohon sejenis rotan yang disebut Bubuay itu ternyata mengandung filosofi kehidupan yang sangat berarti. Dilihat dari bentuk bunga yang tersusun rapi berurutan, sebagai simbol runtut raut, sauyunan (kebersamaan), silih asah, silih asih, silih asuh, setiap helai bunganya menempel kuat di manggarnya (tangkainya). Diartikan juga kuatnya kebersamaan secara turun temurun tidak akan lepas dari pecah. (Ferry)

AYOO!... Jalan-jalan ke Pulau Komodo!...

Last modified on Friday, 12 April 2019

Subscribe

Tentang Kami

ArtisNews.Com adalah portal berita seputar Artis dan Selebritis Indonesia. Kami mengutamakan keakuratan data dan fakta berita. Kami berdedikasi memberikan yang terbaik tentang kekayaan seni dan potensi Indonesia, serta menjunjung tinggi profesionalitas.

Kontak Info

ArtisNews adalah mitra yang tepat untuk bertumbuh dan berkembang bersama. Hubungi kami untuk menjadi besar dan populer bersama www.artisnews.com

  • Address : Business Center Thamrin City Lt.7, Unit 728, Jln. Kebon Kacang Raya, KB Melati, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

  • Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

  • Phone : +6281291111137 , +62811922368

Sosial Media