Artisnews, Jakarta. Horja Bius merupakan budaya yang sangat kental kepercayaanya terhadap hal-hal gaib maupun roh-roh leluhur mereka.Horja sendiri adalah kumpulan dari Huta atau kampung yang dimiliki orang Batak Toba. Perserikatan Horja ini lebih banyak mengurus hal yang berhubungan dengan duniawi. Sedangkan urusan yang berhubungan dengan segala sesuatu yang berhubungan dengan malapetaka yang melanda warga seperti wabah penyakit, air bah, kekeringan, masyarakat membentuk perserikatan yang meliputi kelompok-kelompok semua marga yang ada di wilayah bencana yang tergabung dalam Horja masyarakat menyebut Bius.(15/4/19)

AYOO!... Jalan-jalan ke Pulau Komodo!...

Dalam pagelaran pesta Horja Bius dilakukan ritual yang disebut Hahomion. Ritual Hahomion adalah upacara yang dilakukan oleh masyarakat Desa Tomok, Kecamatan Simanindo yang ditujukan untuk pemujaan kepada roh leluhur dan kekuatan gaib. Maksud diadakannya Ritual Hahomion untuk memberikan sesajen/persembahan kepada kekuatan gaib dan roh leluhur warga Tomok. Mereka percaya bahwa roh leluhur masih memiliki peran dalam kehidupan keturunannya. Mereka juga meyakini bahwa roh nenek moyang senantiasa memantau kehidupan sosial kemasyarakatan.
Ritual persembahan ini dimaksudkan sebagai bukti nyata dari warga mengakui akan adanya kekuatan gaib yang mengiringi kehidupan mereka.

Tujuan upacara adat Horja Bius dilakukan ini untuk sekadar mengenang ritual yang dilakukan nenek moyang mereka terdahulu. Selain itu, masyarakat Batak Toba khususnya warga Desa Tomok juga ingin melestarikan budaya yang mereka miliki yang juga berguna untuk menarik wisatawan ke daerah tersebut. Sayangnya di zaman yang sudah modern ini kebudayaan ini sudah lama hilang. Peran pemerintah daerah dan masyarakat setempat sangat dibutuhkan untuk tetap menjaga dan melestarikan aset budaya Indonesia yang hilang. (Ferry)

AYOO!... Jalan-jalan ke Pulau Komodo!...

Subscribe

Tentang Kami

ArtisNews.Com adalah portal berita seputar Artis dan Selebritis Indonesia. Kami mengutamakan keakuratan data dan fakta berita. Kami berdedikasi memberikan yang terbaik tentang kekayaan seni dan potensi Indonesia, serta menjunjung tinggi profesionalitas.

Kontak Info

ArtisNews adalah mitra yang tepat untuk bertumbuh dan berkembang bersama. Hubungi kami untuk menjadi besar dan populer bersama www.artisnews.com

  • Address : Business Center Thamrin City Lt.7, Unit 728, Jln. Kebon Kacang Raya, KB Melati, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

  • Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

  • Phone : +6281291111137 , +62811922368

Sosial Media