Alanda Kariza

Published: 03 February 2018
437 times
Alanda Kariza Alanda Kariza

Alanda Kariza (lahir di Jakarta, 23 Februari 1991; umur 26 tahun) adalah penulis dan aktivis asal Indonesia. Alanda mendirikan organisasi nirlaba, The Cure For Tommorow ketika ia berusia 15 tahun dan menjadi finalis termuda dalam CosmoGIRL! of the Year 2006 pada tahun yang sama. Alanda menjadi perwakilan Indonesia untuk Global Changemakers dan menginisiasi Indonesian Youth Conference sebagai wadah bagi pemuda Indonesia untuk menyampaikan aspirasinya.

Alanda kini tinggal di Jakarta bersama orang tua dan dua adiknya. Kakeknya adalah Prof. Moenadjat Wiratmadja, orang yang menjadi pionir operasi plastik di Indonesia. Ia bersekolah di SD Pembangunan Jaya dan mendapatkan beasiswa Pendidikan Jaya Foundation selama dua tahun berturut-turut. Alanda melanjutkan pendidikannya di SMP Al-Azhar 3. Pada tahun 2009, ia lulus dari SMA Negeri 82 Jakarta sebagai siswi terbaik dari jurusan Ilmu Pengetahuan Alam. Alanda saat ini mengambil pendidikan di BINUS International University, Jakarta, dengan jurusan Bisnis Internasional, dan merupakan orang pertama yang mendapatkan beasiswa penuh selama tiga tahun.

Alanda mulai menulis sejak sekolah dasar, di mana ia dipilih menjadi salah satu jurnalis majalah sekolah. Pada masa remajanya, ia mulai menulis fiksi dan puisi. Ia meluncurkan novel pertamanya Mint Chocolate Chips ketika berusia 14 tahun.[2] Setelah novel debutnya tersebut, Alanda melanjutkan karier menulisnya sebagai penulis lepas di berbagai majalah remaja, termasuk Hai, Gogirl, kaWanku, dan Provoke!.[3] Pada tahun 2010, ia menulis antalogi cerita pendek, Vice Versa dan berpartisipasi dalam penulisan Pertama Kalinya!, sebuah proyek yang diinisiasi oleh Sitta Karina yang sebagian royaltinya didonasikan untuk menyekolahkan kembali anak putus sekolah.

Ia meluncurkan buku terbarunya, Dream Catcher pada 10 April 2012.

 

HaloSelebriti - Wiki

More in this category: « Merry Riana Yenny Wahid »

Hobby

 

Gallery Foto

Donna Agnesia dan Darius Sinathrya adalah pasangan selebritis Tanah Air yang kehidupan rumah tangganya jauh dari gosip miring. Meski keduanya sama-sama sibuk di dunia hiburan namun baik Donna maupun ...

Hobby

Maria Selena adalah pemenang kontes Putri Indonesia 2011 dan ia mewakilkan Indonesia di ajang Miss Univers 2012 di Las Vesgas, Amerika Serikat.