Hidangan Manis Tradisional Khas Lebaran dari Berbagai Negara

Published: 08 June 2018
56 times

Beraneka ragam budaya dan tradisi yang ada di dunia, ternyata juga ikut mempengaruhi perayaan Idul Fitri atau lebaran masing-masing daerah.

Idul Fitri atau Lebaran memang identik dengan perayaan yang meriah, di mana seluruh umat muslim di dunia akan berkumpul bersama kerabat dengan mengenakan pakaian terbaik dan tidak ketinggalan hidangan yang lezat.

Lalu sebenarnya hidangan seperti apa sih yang biasanya hadir dan paling ditunggu-tunggu pada saat Lebaran?

Dilansir dari Thetempest, Kamis (7/6/2018), berikut lima hidangan manis dari berbagai negara yang patut dicoba.

Maamoul



Kue kering bertabur gula halus yang terdiri dari beragam isian seperti kurma, pistachio dan kenari ini merupakan salah satu cemilan tradisional di Suriah dan Lebanon pada saat Idul Fitri.

Cambaabur



Cambaabur merupakan roti khas dari Somali yang bentukya hampir mirip dengan pancake. Hanya saja, kue ini dibuat tipis, bertekstur dan memiliki aroma rempah yang sangat kuat. Pada Idul Fitri, biasanya roti ini akan disajikan dengan taburan gula merah dan yoghurt.

Sheer Khurma



Berbahan dasar kurma yang disajikan dengan bihun, susu, gula, almond dan kismis ini merupakan hidangan penutup favorit di negara Pakistan, India, Bangladesh dan Afganistan.

Lokum



Jika di Suriah ada Maamoul sebagai hidangan penutup, maka beda lagi dengan masyarakat Turki. Masyarakat Turki tidak akan melewatkan perayaan Idul Fitri tanpa Lokum. Terbuat dari pati gula dengan aneka isian seperti kurma dan walnut, membuat Lokum terlihat seperti permen kenyal dengan aneka warna.

Tufahija

Tifahija merupakan makanan favorit masyarakat Bosnia dalam merayakan Idul Fitri. Terbuat dari apel rebus yang disiram dengan gula dan bertabur kacang kenari. Kemudian disajikan bersama sirup serta krim lembut.

*(Latifah Gusri) - Liputan6

 

 

 

Hobby

 

Gallery Foto

Baru-baru ini, Stuart Collin sedang melakukan hal yang tak biasa baginya. Untuk pertama kalinya ia mencoba untuk mendaki gunung. Ya, banyak perasaan yang dirasakan kala itu.

Hobby

Adipati Dolken adalah salah satu dari sekian banyak selebritas yang hobi traveling. Di sela kesibukannya sebagai aktor, ia selalu menyempatkan waktu berlibur demi melepas kepenatan.