5 Makanan Peningkat IQ Bayi untuk Dimakan Saat Hamil

Published: 17 February 2018
47 times
5 Makanan Peningkat IQ Bayi untuk Dimakan Saat Hamil Ilustrasi ibu hamil (iStockphoto)

IQ bayi yang Anda kandung saat hamil berkaitan langsung dengan segala sesuatu yang dikonsumsi, termasuk makanan. Ya, makanan ibu hamilmemiliki dampak langsung pada perkembangan fisik bayi.

Tidak hanya itu, menurut studi terbaru, makanan ibu hamil juga ternyata mempengaruhi kecerdasan bayi. Dilansir dari yourtango.com, Senin (12/2/2018), berikut ini adalah beberapa makanan yang harus Anda konsumsi saat hamil agar IQ bayi meningkat, penasaran?

1. Makanan omega 3

Makanan apapun yang kaya akan lemak omega 3 dapat membantu produksi neuron. Neuron adalah saraf yang menghubungkan otak dengan bagian tubuh lainnya, serta memudahkan transfer pesan melalui impuls listrik.

Jika Anda sedang hamil, pastikan konsumsi setidaknya 300 miligram omega 3 DHA setiap hari, terutama pada trimester ketiga saat pertumbuhan otak bayi mencapai puncaknya, meningkatkan IQ-nya. Asam lemak omega berlimpah pada makanan seperti telur, tahu, biji rami, berbagai jenis kacang, bayam, sayuran berdaun, dan daging merah.

2. Buah dan sayuran

Buah dan sayuran mengandung berbagai vitamin penting, seperti A, B, C, K, dan banyak antioksidan yang berfungsi menghilangkan radikal bebas berbahaya dari tubuh. Radikal bebas yang tinggal di dalam tubuh seorang wanita hamil dapat menyebabkan kerusakan otak bayi yang serius.

Beberapa buah dan sayuran yang kaya antioksidan adalah sayuran berdaun, tomat, pepaya, blackberry, blueberry, jeruk, dan kangkung. Atau Anda juga bisa mengonsumsi kopi.

Selain itu, pertimbangkan untuk makan buah dan sayuran organik. Paling tidak Anda memastikan bahwa makanan ini bebas dari bahan kimia yang dapat menyebabkan kerusakan otak, tidak meningkatkan IQ, dan masalah perkembangan janin lainnya.

3. Protein

Protein berfungsi untuk mempromosikan pengembangan sel baru dan menyeimbangkan berbagai hormon yang sangat penting bagi wanita hamil. Asam amino dalam protein adalah blok bangunan sel dalam tubuh, sehingga berfungsi untuk membangun tubuh bayi, termasuk otaknya.

Wanita hamil diharapkan untuk meningkatkan asupan protein mereka setidaknya 10 gram di atas jumlah normal, terutama selama trimester kedua dan ketiga. Asupan protein yang ideal untuk wanita hamil sangat bervariasi, mulai dari 40 sampai dengan 70 gram, tergantung berat badan masing-masing individunya.

Makanan yang kaya protein bisa Anda temukan pada keju, yogurt, putih telur, kacang-kacangan, daging sapi tanpa lemak, dan protein whey. Sudah cukupkah asupan protein Anda?

4. Makanan kaya zat besi

Zat besi juga sangat penting ketika Anda hamil, karena berfungsi untuk mentransfer oksigen ke seluruh tubuh dan mencapai bayi. Faktanya, sebagian besar wanita telah kekurangan zat besi dalam darah, menyulitkan oksigen untuk mencapai otak, menghambat pertumbuhan bayi yang sehat dan mempengaruhi IQ-nya.

Beberapa makanan yang kaya akan zat besi adalah daging sapi tanpa lemak, kacang polong, kacang-kacangan, sereal, tahu, hati, buah kering, biji-bijian, dan telur. Serat besi, pil, dan suplemen juga bisa disertakan bersama makanan untuk memenuhi kebutuhan Anda.

5. Vitamin D

Vitamin D adalah komponen penting untuk tulang yang lebih kuat dan sistem kekebalan tubuh yang kuat. Selama masa hamil, seorang wanita diwajibkan memiliki ratusan unit vitamin D, baik untuk dirinya sendiri maupun si bayi.

Vitamin D akan memastikan kekuatan tulang dan perkembangan otak bayi, sementara energinya masih ditopang oleh ibu selama 9 bulan. Tentu saja, sinar matahari masih menjadi sumber vitamin D terbesar dan wanita hamil disarankan untuk berjalan atau berdiri di bawah sinar matahari pagi atau sore hari.

Selain sinar matahari, sumber vitamin D bisa Anda temukan pada jus jeruk, telur, salmon, ikan berlemak, susu, dan sereal. Semua makanan tersebut dapat menjaga pertumbuhan bayi selama berada di dalam rahim, baik secara fisik, maupun mental.

Liputan6

Hobby

 

Gallery Foto

Donna Agnesia dan Darius Sinathrya adalah pasangan selebritis Tanah Air yang kehidupan rumah tangganya jauh dari gosip miring. Meski keduanya sama-sama sibuk di dunia hiburan namun baik Donna maupun ...

Hobby

Maria Selena adalah pemenang kontes Putri Indonesia 2011 dan ia mewakilkan Indonesia di ajang Miss Univers 2012 di Las Vesgas, Amerika Serikat.