7 Langkah yang Harus Dilalui Sebelum Balik dengan Mantan Kekasih

Published: 11 December 2017
421 times
7 Langkah yang Harus Dilalui Sebelum Balik dengan Mantan Kekasih Gambar Ilustrasi Mantan

Jakarta Ketika Anda sudah mengakhiri hubungan pasangan, bukan tidak mungkin jika tidak bisa kembali bersama. Namun seorang psikolog Dr. Joel Block memperingatkan bahwa tidak setiap kisah cinta yang kembali hidup dengan mantan kekasih akan menghasilkan hubungan yang lebih bahagia.

Melansir dari livestrong.com, Senin (11/12/2017), Anda boleh saja memberikan kesempatan kedua pada mantan kekasih. Tapi lihat dulu beberapa tahapan yang perlu Anda ketahui jika Anda ingin membuka kembali kisah cinta Anda bersama mantan.

1. Buat daftar alasan putus

Buatlah daftar alasan yang membuat hubungan Anda dan mantan bisa putus. Mungkin bisa tentang komunikasi yang tidak baik, ketidakjujuran, perselingkuhan, pelecehan fisik atau emosional, atau tidak siap bertanggung jawab dalam hubungan yang serius. Kemudian tanyakan kembali pada diri Anda apa yang telah berubah selepas berpisah.

2. Tentukan alasan kenapa harus kembali

Jika Anda hendak kembali pada mantan kekasih, tentukan alasan yang paling tepat untuk memberi dia kesempatan.  Salah satu alasan terbaik memberi kesempatan adalah menyadari Anda selalu memperhatikannya bahkan setelah putus.

Anda telah tumbuh menjadi pribadi yang lebih dewasa dan bersedia mengakui keterlibatan atas putusnya hubungan di masa lampau. Penulis buku Judy McGuire mengatakan kebanyakan wanita kembali ke pelukan mantan kekasih karena merasa kesepian, tertekan, atau baru saja dicampakkan orang lain.

3. Pastikan mantan Anda juga tertarik

Anda harus memastikan apakah mantan kekasih juga memiliki kesamaan untuk kemnbali. Anda bisa mengumpulkan informasi ini dari teman-temannya atau bertanya langsung padanya dalam obrolan yang serius. Anda pun harus jujur pada diri Anda sendiri untuk menentukan akan kembali atau tidak.

4. Tentukan komitmen

Ketika sudah mantap untuk kembali kepada mantan , Anda perlu bertemu dengannya untuk menentukan komitmen sebelum kisah menjalani hubungan kembali. Menurut Psikolog Dr. Shirley Glass, begitu penting untuk menegaskan beberapa hal yang menjadi akar kandasnya hubungan.

Jika alasan putus karena mantan selingkuh, Anda harus katakan dengan tegas bahwa tidak lagi toleran jika ia kembali melakukan hal yang sama. Mantan Anda juga perlu menunjukkan dia tidak akan selingkuh lagi. Sehingga sifat posesif Anda bisa berkurang.

5. Kunjungi tempat favorit

Anda bisa mengajak untuk kembali ke tempat favorit yang memiliki kenangan manis bersama mantan. Menurut McGuire, jangan lupa untuk mencoba hal baru. Ini sangat penting untuk membawa Anda sama-sama pada kondisi yang belum pernah dirasakan sebelumnya.

Ini akan merangsang perasaan cinta yang terasa sementara. Hal terakhir yang perlu Anda lakukan dalam proses 'menghidupkan kembali' perasaan cinta adalah membuat dia berpikir bahwa Anda sedang melakukan perbandingan antara yang dulu dengan sekarang.

6. Kenali kesempatan kedua ini

Jika cinta lama telah bersemi kembali, Anda perlu menanamkan pada definisi dari kepercayaan. Di mana kepercayaan merupakan sebuah perasaan yang aman secara fisik dan emosional. Anda butuh rasa saling menghormati akan kebutuhan masing-masing dan saling berkomunikasi. Bisa jadi ini akan membawa Anda pada hubungan yang lebih erat.

7. Biarkan teman dan keluarga tahu

Teman dan keluarga perlu tahu jika Anda hendak kembali dengan mantan kekasih. Keputusan tetap ada di tangan Anda. Gunakan mereka sebagai bahan pertimbangan di saat Anda mulai ragu. Ingat! Hanya pertimbangan bukan keputusan final.

Liputan6

Hobby

 

Gallery Foto

Awkarin baru saja menikmati liburan serunya ke Australia. Tak hanya seorang diri, ia juga ditemani oleh sang pacar tercinta. Lantas, seperti apa sih style keren selebgram cantik satu ini? Yuk simak ...

Hobby

Hamish Daud diketahui memiliki hobi melakukan perjalanan ke berbagai tempat baru. Suami dari penyanyi Raisa itu pun memiliki sedikit tips bagi mereka yang punya hobi serupa agar perjalanannya bisa ...