5 Penyebab Utama Datangnya Uban di Usia Muda

Published: 13 January 2018
8 times
5 Penyebab Utama Datangnya Uban di Usia Muda Ilustrasi Uban (iStockphoto)​

Uban dianggap sebagai hal yang sangat tidak menyenangkan bagi sebagian orang. Maklum saja, uban biasanya dimiliki oleh orang berusia lanjut. Namun, sebenarnya uban tidak jarang juga ditemukan pada orang-orang berusia muda seperti di bawah usia 30 tahun.

Melansir dari laman Good Housekeeping, Kamis (11/1/2018), beberapa penyebab tumbuhnya uban pada orang-orang berusia muda paling sering adalah sebagai berikut.

1. Ras

Jika Anda memiliki ras kaukasia atau setidaknya campuran, wajar saja bila uban tumbuh lebih cepat. Karena ras ini memang paling cepat mengalami tumbuhnya uban. Asia yang kedua, dan orang Amerika keturunan Afrika adalah yang terakhir.

2. Stres

Dr Roopal Kundu, seorang profesor dermatologi di Northwestern University mengatakan, stres tidak secara langsung menyebabkan tumbuhnya uban. Namun, stres memiliki peran besar. Penelitan menunjukkan, orang-orang yang mengalami momen stres dalam hidupnya cenderung tumbuh uban lebih cepat daripada orang yang tidak mengalaminya.

3. Gaya hidup

Merokok misalnya dapat sangat mempengaruhi kulit dan rambut. Kurangnya konsumsi vitamin B12 juga dapat mengurangi kadar pigmen di rambut dan menyebabkan munculnya uban.

4. Warna memudar sendiri

Hidrogen peroksida merupakan senyawa kimia yang dapat memudarkan warna rambut. Senyawa ini dapat ditemui pada bleach rambut yang ternyata dapat ditemui sendiri secara alami pada rambut.

5. Uban menggantikan rambut rontok

Kerontokan pada rambut adalah hal lumrah, tetapi jika tubuh Anda kekurangan asupan yang berkaitan dengan penumbuhan pigmen, rambut akan tumbuh sebagai uban.

Liputan6

Gallery Foto

Penampilan memang sudah merupakan salah satu modal utama dari seorang selebriti. Mulai dari ujung rambut hingga ujung kaki para artis memang selalu diperhatikan oleh mata publik. Agar tak bosan, ...

Profil of the Month

Raffi Faridz Ahmad lahir di Bandung tanggal 17 Februari 1987 dari pasangan Munawar Ahmad dan Amy Qanita adalah putra sulung dari tiga bersaudara.