Pahatan kayu di Bali telah sejak lama ada jauh sebelum adanya pengaruh dari para seniman eropa. Pahatan berbentuk karakter suci Dewa Dewi Hindu, makhluk astral dan replika flora fauna seringkali dapat dijumpai menghiasi bale rumah tradisional Bali.

Beberapa daerah di Bali yang terkenal akan produk pahatan kayu antara lain di desa Mas, Peliatan, Selakarang dan Kemenuh. Seiring dengan permintaan pasar kini hasil pahatan kayu tidak hanya bertema religius namun juga hal yang bersifat sekuler seperti tokoh kartun maupun bentuk abstrak kontemporer lainnya.

Pahatan batu Bali merupakan salah satu bentuk karya seni yang lahir disaat beberapa pura dan istana di bali membutuhkan pahatan yang terbuat dari bahan yang kuat dan tidak mudah rusak karena tempaan kondisi cuaca di Bali yang lumayan ekstrem. Batu paras dipilih sebagai salah satu media yang tepat untuk membuat dekorasi simbolis berwujud sang kala (makhluk mitologi yang dipercaya sebagai penguasa waktu) untuk diletakkan di bagian atas gapura rumah maupun pura tradisional di Bali.

Saat ini para pengrajin pahatan batu masih banyak dijumpai di wilayah Batubulan dan Singapadu. Tak hanya memproduksi pahatan dalam dimensi dan berat yang besar namun beberapa patung/ pahatan kayu kecil juga masih sering dibuat di kedua desa ini demi memenuhi permintaan souvenir dan sarana untuk sembahyang.

Sumber: Bali.com

Last modified on Friday, 14 December 2018
  • comment
  • Read 0 times
  • Tagged under
More in this category: Kain Khas Bali »

Tentang Kami

ArtisNews.Com adalah portal berita seputar Artis dan Selebritis Indonesia. Kami mengutamakan keakuratan data dan fakta berita. Kami berdedikasi memberikan yang terbaik tentang kekayaan seni dan potensi Indonesia, serta menjunjung tinggi profesionalitas.

Kontak Info

ArtisNews adalah mitra yang tepat untuk bertumbuh dan berkembang bersama. Hubungi kami untuk menjadi besar dan populer bersama www.artisnews.com

  • Address : 16th Floor APL Tower Podomoro City ( Central Park) - Jakarta Barat

  • Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

  • Phone : +6281291111137

Sosial Media