Artisnews, Jakarta. Ada satu tempat yang unik di Flores dan masih masuk dalam kawasan Taman Nasional Komodo, yaitu pulau yang terbentuk dari gundukan pasir. Pasir yang timbul dan membentuk pulau ini, mayarakat menyebut Taka Makassar. Pulau-pulau pasir di Indonesia ini sebenarnya banyak. Hampir setiap daerah yang terdiri dari kepulauan memiliki pulau pasir. Pulau pasir yang letaknya persis di sebelah Pulau Komodo ini terbilang unik. Sebab bukan hanya satu, tapi ada dua pulau pasir yang menonjol ke daratan. Pulau pertama dengan pasir putih muda dan pulau kedua sudah ditumbuhi tanaman rumput dan ilalang. Pasir putih serta ilalang adalah satu-satunya penghuni di Pulau Taka Makassar ini. Pulau kecil ini mungkin saat air laut sedang pasang, akan hilang karena naiknya volume air di laut tersebut. Namun, begitu surut, pulau kecil ini menjadi salah satu spot untuk menikmati pemandangan alam bawah laut yang begitu ciamik.(4/5/19)

AYOO!... Jalan-jalan ke Pulau Komodo!...

Pulau ini tidak bertuan, sehingga pulau kecil ini tidak dilengkapi fasilitas apapun, termasuk perlengkapan untuk menyelam. Wisatawan sebaiknya membawa semua keperluan snorkeling dan diving termasuk keperluan logistik. Keindahan alam bawah laut Pulau Taka Makassar memang sangat indah. Para pengunjung yang datang ke pulau ini biasanya menikmati kejernihan air laut nya dengan berenang. Snorkeling di sekitar pasir timbul ini memang kebanyakan hanya melihat pasir, sedikit karang dan yang paling banyak adalah bintang laut. Jika beruntung, wisatawan bisa melihat penyu yang berenang di sekitar pantai pulau pasir. Berbagai terumbu karang yang ada di Pulau Taka Makassar memang sangat indah dan memanjakan mata. Berbagai karang keras dan lunak, gerombolan koral, dan berbagai biota laut seperti ikan kecil dan krustacean menghiasi terumbu karang di pulau unik ini. Laut di sekitar pulau pasir ini sangat jernih dan bening, seperti kolam renang. Karena pulau ini memang dibentuk dari pasir yang berkumpul dan membentuk daratan. Warna air lautnya juga sangat menggoda, hijau tosca cerah yang menandakan air laut tak begitu dalam.

Pulau pasir Taka Makassar sudah terkenal dan banyak menjadi destinasi para wisatawan mancanegara. Mereka biasanya datang dengan kapal-kapal pesiar besar yang diparkir di tengah lautan. Lalu para wisatawan ini datang ke pulau pasir menggunakan perahu karet bermesin atau menggunakan kapal yang lebih kecil. Kapal besar dilarang untuk mendekat ke pulau pasir ini, karena di sekitar pulau banyak terumbu karang. Jika kapal telalu dekat, bukan hanya akan merusak terumbu karang, tapi juga bisa merusak mesin kapal karena mengenai terumbu karang yang keras. Sehingga di sekitar pulau pasir Taka Makassar ini juga banyak kapal-kapal kecil yang disewakan untuk membawa penumpang dari kapal di tengah laut ke pulau pasir. (Ferry)

AYOO!... Jalan-jalan ke Pulau Komodo!...

Last modified on Saturday, 04 May 2019

Subscribe

Tentang Kami

ArtisNews.Com adalah portal berita seputar Artis dan Selebritis Indonesia. Kami mengutamakan keakuratan data dan fakta berita. Kami berdedikasi memberikan yang terbaik tentang kekayaan seni dan potensi Indonesia, serta menjunjung tinggi profesionalitas.

Kontak Info

ArtisNews adalah mitra yang tepat untuk bertumbuh dan berkembang bersama. Hubungi kami untuk menjadi besar dan populer bersama www.artisnews.com

  • Address : Business Center Thamrin City Lt.7, Unit 728, Jln. Kebon Kacang Raya, KB Melati, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

  • Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

  • Phone : +6281291111137 , +62811922368

Sosial Media