Artisnews, Jakarta. Goa Batu Cermin termasuk objek wisata yang banyak dikunjungi wisatawan di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Goa yang berada di Desa Wae Kesambi kini menjadi salah satu destinasi wajib bagi wisatawan domestik ataupun mancanegara ketika berkunjung ke Labuan Bajo. Gua Batu Cermin ditemukan pada tahun 1951 oleh Theodore Verhoven, seorang Pastor sekaligus juga sebagai seorang arkeolog berkebangsaan Belanda. Dari penelitian Verhoven, ditarik kesimpulan bahwa Labuan Bajo dan Pulau Flores pernah berada di bawah dasar laut. Asumsi ini di dasari oleh penemuan fosil satwa laut yang dibuktikan dengan pemandangan fosil beberapa spesies laut dapat kita temukan di dinding goa. Terdapat juga adanya partikel garam yang ada di dinding gua yang memperkuat dugaan bahwa dahulu kala Pulau Flores ada di dasar laut. Penampakan fosil-fosil tersebut hingga saat ini masih ada dan bisa disaksikan wisatawan yang berkunjung.(4/5/19)

AYOO!... Jalan-jalan ke Pulau Komodo!...

 

Gua Batu Cermin ini terbilang sempit dan gelap, tapi jangan cemas anda akan dibekali senter dan helm oleh pemandu. Jangan pernah berpikir akan menemukan cermin di dalam gua. Kata cermin sendiri disematkan lantaran dinding goa seperti cermin memantulkan cahaya yang masuk ke dalam goa. Kilauan cahaya yang dipantulkan batuan yang terdapat di dalam gua ini berasal dari partikel garam yang masih terkandung di dalam Goa Batu Cermin. Goa akan terlihat berkilauan pada saat cahaya matahari yang masuk melalui celah-celah batuan. Keadaan itu yang menghasilkan sebuah pemandangan yang indah saat kita berada di dalam gua. Pintu masuk goa hanya setinggi sekitar setengah meter, pengunjung masuk harus menunduk. Setelah masuk, keajaiban gua mulai terlihat, dengan sedikit penerangan dari senter, turis akan menyaksikan stalaktit dan stalagmit yang berkilau memantulkan cahaya.

Goa Batu Cermin yang di kelilingi oleh hutan serta dihuni oleh fauna seperti kera ekor panjang. Burung-burung khas kawasan Indonesia timur dan babi hutan yang terkadang masih berkeliaran dan terlihat oleh kita. Udara segar dengan teriknya matahari yang masuk melalui sela-sela batuan di atas gua yang memantul di batu yang menimbulkan cahaya tersendiri yang menjadikan dinding gua menjadi mengkilap. Goa Batu Cermin ini bisa menjadi salah satu tujuan destinasi wisata Labuan bajo saat kita berlibur di Pulau Flores. Selain memiliki keindahan alamnya yang menawan, obyek wisata alam dan budaya, Pulau Flores bisa dijadikan sarana wisata edukasi yang menarik untuk dikunjungi saat liburan di Liburan Bajo. (Ferry)

AYOO!... Jalan-jalan ke Pulau Komodo!...

Last modified on Monday, 06 May 2019

Subscribe

Tentang Kami

ArtisNews.Com adalah portal berita seputar Artis dan Selebritis Indonesia. Kami mengutamakan keakuratan data dan fakta berita. Kami berdedikasi memberikan yang terbaik tentang kekayaan seni dan potensi Indonesia, serta menjunjung tinggi profesionalitas.

Kontak Info

ArtisNews adalah mitra yang tepat untuk bertumbuh dan berkembang bersama. Hubungi kami untuk menjadi besar dan populer bersama www.artisnews.com

  • Address : Business Center Thamrin City Lt.7, Unit 728, Jln. Kebon Kacang Raya, KB Melati, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

  • Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

  • Phone : +6281291111137 , +62811922368

Sosial Media