Artisnews.com. Pemprov NTT, yang merencanakan kenaikan harga tiket masuk tersebut. Banyak pihak yang menilai harganya terlalu mahal, serta tidak semudah membalikan telapak tangan untuk menaikan harganya. Ada regulasi dan kewenangan panjang yang harus ditempuh.

Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Timur Viktor Bungtilu Laiskodat menyatakan, Pemprov NTT siap mengelola Taman Nasional Komodo (TNK). Ia memberi sinyal bahwa Kementerian Kehutanan bakal setuju. “Tarif USD500 (Rp7 juta) untuk turis dan USD100 (Rp1,4 juta) untuk wisatawan domestik. Tidak tawar-tawar lagi. Jika TNK resmi dikelola Pemprov NTT. 
Langkah pertama yang diambil Viktor adalah menerapkan tarif tinggi dan pembatasan kunjungan turis serta menetapkan Loh Liang (Pulau Komodo) dan Loh Buaya (Pulau Rinca) sebagai destinasi eksklusif. Orang yang tidak waras saja yang tolak ini,” kata Viktor saat kunjungan kerja di Ruteng, Ibu Kota Kabupaten Manggarai, Kamis, 10 Januari 2019
dan “Saya tanya sekarang, Taman Nasional Komodo kawasan yang diproteksi atau tidak? Kawasan itu harus diproteksi, makanya perlu diatur, yang boleh ke sana yang berani bayar mahal dan dibatasi. Kawasan yang dilindungi sebenarnya bukan untuk turis, tapi untuk penelitian terhadap binatang purba yang ada di Nusa Tenggara Timur,” tuturnya.

Baca Juga:  

Exciting, 1 Day Explore Three Interesting Objects

 

Meski masih sebatas wacana, namun dia akan tetap mengambil alih pengelolaan dan pengawasan TNK. Bahkan ke depan, TNK yang selama ini tersohor  sebagai destinasi pariwisata internasional itu dibikin eksklusif dan ketat. Dia pun menyinggung soal perburuan dan aksi pembantaian rusa dan kerbau liar di dalam kawasan Taman Nasional Komodo yang dilakukan warga Sape NTB akhir Desember 2018 lalu. Menurutnya, hal itu juga yang mendorongnya untuk mempercepat proses ambil alih TNK. “Tentu pada anggota yang pertama kali menindak kejahatan perburuan satwa yang ada di sana kita berikan apresiasi dan yang bersangkutan waktu itu sudah ditelepon langsung oleh Pak Kapolri untuk diberikan apresiasi atas kepedulian dan keberaniannya,” katanya.

*red

Last modified on Friday, 11 January 2019

Subscribe

Tentang Kami

ArtisNews.Com adalah portal berita seputar Artis dan Selebritis Indonesia. Kami mengutamakan keakuratan data dan fakta berita. Kami berdedikasi memberikan yang terbaik tentang kekayaan seni dan potensi Indonesia, serta menjunjung tinggi profesionalitas.

Kontak Info

ArtisNews adalah mitra yang tepat untuk bertumbuh dan berkembang bersama. Hubungi kami untuk menjadi besar dan populer bersama www.artisnews.com

  • Address : Business Center Thamrin City Lt.7, Unit 728, Jln. Kebon Kacang Raya, KB Melati, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

  • Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

  • Phone : +6281291111137 , +62811922368

Sosial Media