Seni

Artisnews, Jakarta. Tari Caci atau adalah tari perang sekaligus permainan rakyat antara sepasang penari laki-laki yang bertarung dengan cambuk dan perisai di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. Penari yang bersenjatakan cambuk atau pecut bertindak sebagai penyerang dan seorang lainnya bertahan dengan menggunakan perisai atau tameng. Tari ini dimainkan saat syukuran musim panen dan ritual tahun baru. Tari Caci juga digelar pada upacara pembukaan lahan atau upacara adat besar lainnya, serta dipentaskan untuk menyambut tamu penting.(30/4/19)

Artisnews, Jakarta. Alat musik tradisional Angklung yang berasal dari masyarakat Sunda di Jawa Barat. Angklung adalah alat musik multitonal atau bernada ganda yang terbuat dari bambu. Cara memainkannya cukup mudah hanya dengan menggoyangkannya. Bunyi yang dihasilkan disebabkan oleh benturan badan pipa bambu. Bunyi yang dihasilkan bergetar dalam susunan nada 2, 3, sampai 4 nada dalam setiap ukuran, baik besar maupun kecil. Memainkan satu unit angklung guna membawakan suatu lagu, akan diperlukan banyak pemusik yang dipimpin oleh seorang konduktor. Pada setiap pemusik akan dibagikan satu hingga empat angklung dengan nada berbeda-beda.(26/4/19)

Artisnews, Jakarta. Masyarakat mengenal kain batik atau segala sesuatu yang berhubungan dengan batik adalah berasal dari daerah Jawa. Namun, wajib difahami seni batik juga tersebar dan berkembang di seluruh wilayah Indonesia. Salah satunya Bengkulu, ternyata di wilayah ini juga bisa ditemukan batik yang menjadi salah satu ciri khas dari daerah tersebut.(26/4/19)

Artisnews, Jakarta. Rapai Daboh adalah seni tari kesaktian yang menakjubkan. Atraksi ini telah digemari oleh orang Aceh sejak abad ke 19. Atraksi ini selalu digelar di tengah-tengah keramaian atau pun upacara adat dan pesta gembira. Kesenian ini merupakan atraksi kesaktian, maka para pemainnya tidak boleh menyombongkan diri atau angkuh dengan kepandaian yang dimiliki. Dan jika pantangan ini dilanggarnya, sering terjadi malapateka. Lalu yang terjadi selanjutnya adalah Khalifah akan bersimbah darah, bahkan berujung pada kematian. Biasanya rapai daboh digelar pada malam hari.(23/4/19)

Artisnews, Jakarta. Tehyan juga merupakan alat musik tradisional Jakarta yang dimainkan dengan cara digesek pada bagian dawainya. Jika diamati, ciri yang bisa ditemukan pada alat musik ini adalah bentuknya yang mirip dengan rangka manusia dari bagian badan hingga pinggul. Tehyan adalah salah satu alat musik Betawi hasil perpaduan dengan kebudayaan Tionghoa yang masih tersisa.(22/4/19)

Artisnews, Jakarta. Tarian ini belum banyak di ketahui masyarakat bahkan belum menjadi sajian utama dalam atraksi seni budaya Dayak di Desa Pampang.  Ibarat menu masakan Tari Sumpit atau Tari Berburu ini adalah sajian khusus atau menu bonus dalam setiap pertunjukan budaya.  Penyebabnya adalah sebagian besar warga enggan untuk menanpilkan kemahiran menyumpit tersebut dalam sebuah tarian, karena sumpit dianggap sebagai senjata rahasia.(15/4/19)

Artisnews, Jakarta. Seni musik Sasando adalah alat musik khas Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur (NTT). Instrumen musik ini merupakan jenis alat musik petik yang terdiri dari sebatang bambu sebagai tempat untuk menyangkutkan kawat halus unutk di petik. Bagian utama Sasando berbentuk tabung panjang yang biasa terbuat dari bambu. Lalu pada bagian tengah, melingkar dari atas ke bawah diberi ganjalan-ganjalan di mana senar-senar atau dawai-dawai yang direntangkan di tabung, dari atas ke bawah bertumpu. Ganjalan-ganjalan ini memberikan nada yang berbeda-beda kepada setiap petikan senar. Lalu tabung Sasando ini diletakan dalam sebuah wadah yang terbuat dari daun lontar yang dianyam seperti kipas. Wadah anyaman daun lontar ini merupakan tempat resonansi Sasando.(15/4/19)

Artisnews, Jakarta. Songket adalah kain yang telah ditenun dengan menggunakan benang. Benang tenun kain songket berupa benang sutera, katun, benang sulam atau benang lain biasanya berwarna emas atau perak. Semua jenis benang tersebut digunakan untuk menghias permukaan kain tenun dengan motif yang bervariasi sesuai wilayah. Bentuknya seperti sulaman dan dibuat pada waktu yang bersamaan dengan menenun dasar kain tenunnya. Prinsip penggunaan benang tambahan saat menenun disebut songket.(11/4/19)

 

Page 1 of 3

Subscribe

Tentang Kami

ArtisNews.Com adalah portal berita seputar Artis dan Selebritis Indonesia. Kami mengutamakan keakuratan data dan fakta berita. Kami berdedikasi memberikan yang terbaik tentang kekayaan seni dan potensi Indonesia, serta menjunjung tinggi profesionalitas.

Kontak Info

ArtisNews adalah mitra yang tepat untuk bertumbuh dan berkembang bersama. Hubungi kami untuk menjadi besar dan populer bersama www.artisnews.com

  • Address : Business Center Thamrin City Lt.7, Unit 728, Jln. Kebon Kacang Raya, KB Melati, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

  • Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

  • Phone : +6281291111137 , +62811922368

Sosial Media