Artisnews, Jakarta. Seni musik Sasando adalah alat musik khas Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur (NTT). Instrumen musik ini merupakan jenis alat musik petik yang terdiri dari sebatang bambu sebagai tempat untuk menyangkutkan kawat halus unutk di petik. Bagian utama Sasando berbentuk tabung panjang yang biasa terbuat dari bambu. Lalu pada bagian tengah, melingkar dari atas ke bawah diberi ganjalan-ganjalan di mana senar-senar atau dawai-dawai yang direntangkan di tabung, dari atas ke bawah bertumpu. Ganjalan-ganjalan ini memberikan nada yang berbeda-beda kepada setiap petikan senar. Lalu tabung Sasando ini diletakan dalam sebuah wadah yang terbuat dari daun lontar yang dianyam seperti kipas. Wadah anyaman daun lontar ini merupakan tempat resonansi Sasando.(15/4/19)

AYOO!... Jalan-jalan ke Pulau Komodo!...

Makna harfiah nama Sasando dalam bahasa Rote adalah sasandu yang berarti alat yang bergetar atau alat yang berbunyi. Suara sasando ada miripnya dengan alat musik dawai lainnya seperti gitar, biola, kecapi, dan harpa. Berdasarkan struktur nada, Sasando dapat dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu Sasando Gong, Sasando Dobel, dan Sasando Biola.

Sasando Gong dengan sistem nada pentatonik yang memiliki dua belas dawai. Sasando jenis ini biasanya hanya bisa digunakan untuk memainkan lagu-lagu tradisional masyarakat di Pulau Rote. Dilihat dari fungsinya, musik Sasando Gong sebagai hiburan, pengiring tarian, dan sebagai upacara adat setempat. Ssasando Gong merupakan alat musik ini yang bisa menghasilkan suara mirip dengan gong. Alat musik Sasando Dobel adalah jenis alat musik yang mampu menghasilkan suara seperti bunyi dua buah sasando. Sedangkan Sasando Biola memiliki sistem nada diatonik dengan jumlah dawai mencapai 48 buah dan mampu menghasilkan suatu bunyi yang mirip dengan suara biola. Kelebihan dari Sasando ini terletak pada jenis lagu yang bisa dimainkannya lebih bervariasi.  

Alat musik Sasando menjadi kebanggaan bangsa Indonesia karena merupakan ciri khas yang dimiliki oleh daerah Nusa Tenggara Timur. Alat musik ini tidak hanya berfungsi sebagai alat musik melodis saja, tetapi juga alat musik harmonis. Satu orang pemain alat musik sasando bisa menghasilkan perpaduan nada yang lengkap dalam bentuk melodi dan juga iringannya. (Ferry)

AYOO!... Jalan-jalan ke Pulau Komodo!...

Subscribe

Tentang Kami

ArtisNews.Com adalah portal berita seputar Artis dan Selebritis Indonesia. Kami mengutamakan keakuratan data dan fakta berita. Kami berdedikasi memberikan yang terbaik tentang kekayaan seni dan potensi Indonesia, serta menjunjung tinggi profesionalitas.

Kontak Info

ArtisNews adalah mitra yang tepat untuk bertumbuh dan berkembang bersama. Hubungi kami untuk menjadi besar dan populer bersama www.artisnews.com

  • Address : Business Center Thamrin City Lt.7, Unit 728, Jln. Kebon Kacang Raya, KB Melati, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

  • Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

  • Phone : +6281291111137 , +62811922368

Sosial Media