Artisnews, Jakarta. Tarian ini belum banyak di ketahui masyarakat bahkan belum menjadi sajian utama dalam atraksi seni budaya Dayak di Desa Pampang.  Ibarat menu masakan Tari Sumpit atau Tari Berburu ini adalah sajian khusus atau menu bonus dalam setiap pertunjukan budaya.  Penyebabnya adalah sebagian besar warga enggan untuk menanpilkan kemahiran menyumpit tersebut dalam sebuah tarian, karena sumpit dianggap sebagai senjata rahasia.(15/4/19)

AYOO!... Jalan-jalan ke Pulau Komodo!...

Sumpit atau sumpitan dalam bahasa Kalimantan  berarti sipet adalah senjata yang digunakan untuk berburu maupun dalam pertempuran terbuka atau sebagai senjata rahasia untuk pembunuhan diam diam. Penggunaan sumpit yaitu dengan cara ditiup. Dari segi penggunaannya sumpit atau sipet ini memiliki keunggulan tersendiri karena dapat digunakan sebagai senjata jarak jauh dan tidak merusak alam karena bahan pembuatannya yang alami. Dan salah satu kelebihan dari sumpit atau sipet ini memiliki akurasi tembak yang dapat mencapai jarak tempuh hingga 200 meter.

Namun, dalam setiap penampilan Tari Sumpit menjadi tarian yang paling menarik dan membuat detak jantung para pengunjung berdegub kencang. Tari Sumpit atau Tari Berburu menceritakan pamuda Dayak  dalam membela diri dengan senjata khas yaitu Mandau. Dalam atraksinya tarian ini menmpilkan kepiawaian berburu di hutan dengan senjata sumpit. Pengunjung akan melihat secara langsung bagaimana senjata sumpit di gunakan, bagaimana anak-anak sumpit tersebut bisa menancap pada batang-batang kayu ulin. Jika beruntung, pengunjung akan diminta untuk mencoba meniup sumpit tersebut ke sasaran yang telah disiapkan. (Ferry)

AYOO!... Jalan-jalan ke Pulau Komodo!...

Last modified on Monday, 15 April 2019

Subscribe

Tentang Kami

ArtisNews.Com adalah portal berita seputar Artis dan Selebritis Indonesia. Kami mengutamakan keakuratan data dan fakta berita. Kami berdedikasi memberikan yang terbaik tentang kekayaan seni dan potensi Indonesia, serta menjunjung tinggi profesionalitas.

Kontak Info

ArtisNews adalah mitra yang tepat untuk bertumbuh dan berkembang bersama. Hubungi kami untuk menjadi besar dan populer bersama www.artisnews.com

  • Address : Business Center Thamrin City Lt.7, Unit 728, Jln. Kebon Kacang Raya, KB Melati, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

  • Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

  • Phone : +6281291111137 , +62811922368

Sosial Media